Menu Atas

Iklan

Sabtu, 05 Oktober 2013, 20.33 WIB
Last Updated 2016-06-21T21:54:40Z
KOMPUTER

Download Software Tulis Arab - Minipad

Advertisement
Software : Tulis Arab - Minipad
  • Kategori : Software PC/Laptop
  • Download : Software : Tulis Arab - Minipad

    Paling mudah dan ringan adalah menggunakan ArabicPad. Seperti NotePad, tapi menggunakan tulisan Arab.

Gampang digunakan, misal nulis Bismillah arab caranya tekan tombol
b>i>s>o>m>I>Space>a>l>l>A>h
o=sukun.
mudahkan!
apalagi ada petunjuknya dimenu Help.
Silakan klik disini untuk download / click here.

Ada beberapa cara yang digunakan untuk bisa mengetik Arab, antara lain ada yang menggunakan software khusus seperti Minipad, Arab khot, dll. Dalam tulisan ini saya akan memberikan cara yang sudah disediakan oleh Microsoft Windows sendiri.

Mungkin bagi yang sudah mahir tutorial ini basi, tapi bagi teman-teman yang masih belum ngerti bisa disimak langkah-langkah berikut ini. Langsung aja:

Masuk ke Control Panel
Kemudian masuk ke menu Date, Time, Language, and Regional Options
Pilih submenu Add other languages atau Regional and Language Options
Setelah tampil jendela Regional and Language Options, pilih tab Languages dan centang [tandai] install files for complex script and… [bla bla bla ] dengan mencentang ini berarti kita akan menginstall semua bahasa yang memiliki arah penulisan dari kanan ke kiri, termasuk Bahasa Arab.
Kemudian Apply. Nah…. pada tahap ini Anda diminta memasukkan CD intaller Windows ke dalam CD-ROM
Setelah proses copy files [instalasi] selesai, pilih [klik] tombol Detail. Disini kita akan menambahkan Input Language [bahasa masukan] yaitu bahasa Arab.
Pilih Add, kemudian dari input language pilih Arabic (Saudi Arabia) dan keyboard layout biarkan pada pilihan default (awal). Setelah itu klik OK.
Sampai disini proses menambahkan input language Arabic sudah selesai. Anda akan melihat Language Bar yang menandakan input bahasa yang sedang aktif, EN untuk English, IN untuk Bahasa Indonesia, dan AR untuk Arabic, pada sebelah kanan taskbar. Untuk bisa mengetik Arab, Buka MS Word kemudian klik language bar tersebut dan pilih Arabic.
Untuk bisa mengganti arah penulisan dari kanan ke kiri pilih text direction.

Untuk sistem operasi yang lain misal Linux, Windows Vista dan Windows 7, cara yang digunakan hampir sama yaitu menambahkan support languagenya. Untuk Win Vista dan 7 berdasarkan pengalaman saya sudah terinstall otomatis bersamaan ketika instalalasi Windows. Untuk Linux biasanya kita harus download language packnya dulu kemudian diinstall.